img

JENIS SPONS PEMBERSIH DAPUR DAN KEGUNAANNYA

Ketika akan mencuci piring atau perabotan dapur lainnya pastinya kita membutuhkan spons bukan? Namun tahukah anda? Bahwa ada beberapa jenis spons yang digunakan untuk membersihkan perabotan dapur. Selain karena dibuat dari bahan yang berbeda-beda. Masing-masing spons ini juga memiliki kegunaan sendiri-sendiri. Jadi tidak semua jenis spons bisa digunakan untuk mencuci peralatan dapur. Karena ada beberapa jenis spons yang malah bisa merusak peralatan dapur jika digunakan.

6 Jenis Spons Pembersih Dapur & Manfaatnya

Supaya tidak kalah dalam memakai spons untuk membersihkan peralatan dapur. Maka ketahui beberapa jenis spons pembersih dan kegunaannya berikut ini.

  • Spons selulosa

Jenis spons yang pertama adalah spons selulosa, yang mana memiliki rongga layaknya busa. Sehingga membuat daya serap dari spons ini menjadi lebih baik. Spons selulosa ini bisa digunakan untuk membersihkan benda apa pun. Sebab spons ini mempunyai permukaan yang lembut. Namun seringnya digunakan untuk mencuci peralatan makan seperti sendok, piring dan gelas. Untuk bentuk spons selulosa ini sendiri pun cukup beragam. Sehingga bisa dipilih sesuai dengan genggaman tangan tentunya.

  • Spons abrasif

Untuk jenis spons yang satu ini permukaannya jauh lebih kasar dibandingkan dengan spons selulosa. Biasanya spons ini dijual dengan bentuk lembaran dengan warna hijau tua. Teksturnya yang cukup kasar membuat spons ini digunakan untuk membersihkan noda pada wajan, panci atau pemanggang. Namun harus diketahui dengan baik terlebih dahulu, tingkat kekasaran dari permukaan spons abrasif ini pun berbeda-beda. Saat anda ingin membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari aluminium, maka bisa menggunakan spons abrasif dengan tingkat kekasaran yang rendah.

  • Spons kompres

Proses dikeringkannya spons kompres ini memiliki tujuan meminimalisir udara yang nantinya masuk. Sehingga bakteri tidak bisa bersarang ke dalam spons tersebut. Biasanya spons ini pun juga digunakan untuk mencuci peralatan makan atau talenan kayu. Namun sebelum digunakan, sebaiknya spons kompres direndam terlebih dahulu ke dalam air selama beberapa menit. Ini dimaksudkan supaya spons tersebut mampu bekerja dengan lebih maksimal.

  • Spons nilon

Pada dasarnya, jenis spons ini juga dibuat dengan material selulosa. Namun spons ini dibungkus lagi dengan menggunakan kain nilon. Meskipun memiliki permukaan yang cukup kasar, tetapi spons jenis ini aman dipakai membersihkan teflon atau panci rice cooker. Tetapi untuk menghindarkan goresan, akan lebih baik jika menggosok secara perlahan ketika dibersihkan menggunakan spons nilon ini.

  • Spons logam

Terbuat dari filamen baja dan logam yang lentur, sehingga bisa aman digunakan untuk membersihkan kerak pada panci atau wajan aluminium. Tidak perlu khawatir, karena spons logam ini tidak meninggalkan goresan meskipun permukaannya kasar. Malah hal ini mampu mengangkat kerak atau noda hitam pada peralatan dapur secara lebih mudah tentunya.

  • Spons laut

Sedangkan untuk spons yang ramah lingkungan ini memang terbuat dari makhluk laut. Sehingga spons ini mempunyai daya serap cukup tinggi. Bahkan tekstur permukaannya pun lebih halus dibandingkan dengan spons jenis lainnya. Jadi tidak heran jika spons laut banyak digunakan untuk membersihkan kaca jendela mobil. Selain itu spons ini pun bisa digunakan untuk mencuci alat makan karena membuat permukaannya mengelupas.

Spons Untuk Membersihkan Peralatan Dapur

Tidak hanya keenam spons diatas saja yang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur. Ada juga spons yang terbuat dari loofah yang digunakan oleh para penganut zero waste. Sebenarnya spons jenis ini digunakan untuk menggosok badan. Namun tekstur lembutnya bisa digunakan untuk mencuci peralatan dapur. Nah, paling sering menggunakan jenis spons yang mana untuk membersihkan peralatan dapur?